Lifestyle

Tips Kantong Tetap Aman Meski Wisata Kuliner Terus-Terusan

Wisata zaman sekarang tak melulu harus datang ke pantai, waterpark, atau gunung. Mengunjungi tempat makan atau jajanan yang enak pun sudah bisa disebut wisata, lebih tepatnya wisata kuliner.

Nggak melulu soal rasa makanan, wisata kuliner juga bisa menawarkan pengalaman unik selama kamu mencoba menggali lebih dalam soal makanan atau hidangan khas yang ingin kamu cicipi dari sebuah daerah.

Apa Sih Sebenarnya Wisata Kuliner Itu?

Menurut definisi yang dikeluarkan Universitas Pendidikan Indonesia, wisata kuliner adalah wisata yang menyediakan berbagai fasilitas pelayanan dan aktivitas kuliner yang terpadu untuk memenuhi kebutuhan wisatawan yang dibangun untuk rekreasi, relaksasi, pendidikan dan kesehatan.

Itu artinya, wisata kuliner nggak hanya sekedar jalan-jalan dan makan enak, tapi juga harus mengandung unsur pendidikan dan kesehatan.

Sementara itu, Hall & Sharples menyatakan bahwa wisata kuliner adalah kunjungan ke suatu tempat yang merupakan produsen dari suatu makanan, festival makanan, restoran, dan lokasi-lokasi khusus untuk mencoba rasa dari makanan dan atau untuk memperoleh pengalaman yang didapat dari makanan khas suatu daerah yang merupakan motivasi utama seseorang untuk melakukan perjalanan wisata.

Dengan kata lain, wisata kuliner punya makna yang lebih mendalam. Wisatawan tak cuma bisa menikmati enaknya makanan khas daerah yang dikunjungi, namun juga meresapi budaya yang ada di masyarakat sekitar.

Trik-trik Wisata Kuliner Asyik nan Hemat

Kami punya tips buat kamu yang hobi jalan-jalan plus cemal-cemil, tanpa harus mengalami kantong kering.

1. Pilih lokasi

Salah satu pilihan terbaik adalah datang ke festival makanan atau jajanan, yang belakangan ini semakin marak. Dengan datang ke satu tempat, kamu sudah bisa menjajal berbagai macam makanan tanpa harus repot melakukan perjalanan jauh. Terus gimana dong kalau lagi nggak ada festival makanan?

Hal tersebut bisa kamu siasati dengan memilih tempat makanan yang berdekatan. Hal ini tentunya selain menghemat tenaga, juga akan menghemat ongkos transportasi.

2. Jangan pergi sendirian

Apa asyiknya wisata kuliner kalau cuma sendirian? Jangan lupa ajak temen-temen kamu supaya suasana makin rame. Selain itu, semakin banyak orang yang diajak, budget yang kamu keluarkan juga makin sedikit.

Kok bisa? Kalian bisa pesan menu yang berbeda-beda kemudian sharing satu sama lain. Sekali makan, berbagai menu sudah berhasil kamu cicip. Selain itu ngajak teman juga punya fungsi lain. Kamu bisa pesan satu porsi makanan besar untuk beberapa orang sekaligus, lebih irit!

3. Rajin-rajin cari promo

Restoran atau kafe zaman sekarang sering banget punya event promo atau diskon untuk menarik minat para pengunjung. Biasanya promo ini bisa kamu dapatkan dengan mem-follow semua akun kafe atau restoran hits kemudian mempromokan akun tersebut ke teman-teman kamu. Dengan mem-follow kamu juga bisa update promo apa saja yang sedang berlangsung.

4. Bikin rencana matang

Menghindari overbudget, ada baiknya buat planning yang matang tentang lokasi hingga harga tempat wisata kuliner yang ingin kamu kunjungi. Rencanakan juga rute yang harus kamu tempuh untuk menghemat budget transportasi.

Kalau semua hal di atas sudah kamu lakukan, dijamin deh budget wisata kuliner kamu tetap hemat.

 

Mungkin Kamu Juga Suka

Tidak Ada Komentar

    Tinggalkan Balasan