Lifestyle

Tips Hemat Menyiapkan Menu Sahur dan Berbuka

Tak terasa sebentar lagi kita akan segera memasuki bulan Ramadhan. Buat kamu-kamu yang jauh dari orang tua dan harus menyiapkan menu makanan sendiri, bulan Ramadhan tentu menjadi sebuah tantangan tersendiri. Walaupun nampaknya jauh lebih mudah karena berkurangnya jatah makan kita, ternyata Ramadhan malah sering bikin kantong kita bolong.

Puasa seharian kadang membuat kita lapar mata dan ingin membeli ini-itu. Padahal, tak semuanya sanggup kita habiskan ketika berbuka puasa. Alhasil, tak jarang banyak yang membuang-buang sisa makanan ataupun jadi malas beribadah Salat Tarawih karena perut keburu buncit dan mengantuk. Nah, agar isi dompet tetap terjaga dan ibadah tetap maksimal kita bisa loh menyiasati dengan beberapa tips berikut.

1. Membuat daftar menu lengkap untuk satu bulan penuh

Ingin tetap bugar dan menjaga kesehatan kantong hingga hari lebaran tiba? Membuat panduan menu untuk satu bulan tentu menjadi kunci utama. Dengan adanya daftar menu, kamu bisa menghitung budget dan meminimalisir terjadinya impulsive buying terhadap beberapa makanan dan jajanan yang menggiurkan tiap kali mampir ke pasar sore Ramadhan.

Daftar tersebut juga membantu kita menghitung jumlah asupan kalori dan gizi kita selama satu bulan. Nggak pengen kan, di hari lebaran malah jadi makin chubby?

2. Memasak jadi solusi terbaik untuk berhemat tapi tetap nikmat 

Buat kalian para anak rantau, yuk #BiasakanSekarang eksplore skill kalian dalam memasak ketika bulan Ramadhan. Memasak menu buka dan sahur sendiri akan memangkas pengeluaran kalian habis-habisan.

Ajak teman-teman satu kos untuk saling membantu belanja dan memasak bersama. Selain bikin isi kantong awet tebal, suasana kebersamaan pun jadi lebih akrab. Setelah selesai masak, kalian bisa menikmatinya bersama-sama. Jadi pengobat rindu deh dengan keluarga di rumah!

3. Memiliki timbunan makanan instan untuk makan sahur 

Tantangan terbesar bagi rantauers adalah saat ibadah makan sahur. Jika saat di rumah kalian biasanya menunggu dibangunkan mama-papa, ketika jauh dari rumah tentu kalian akan kesulitan. Banyak anak kos yang terpaksa melewatkan ibadah sahur karena alasan telat bangun.

Untuk menyiasatinya, kalian butuh beberapa makanan siap saji yang bisa kalian masak tiap kali terlambat bangun sahur. Eits, makanan siap saji tentu tak melulu mi instan loh, kalian bisa menyiapkan roti, sereal, atau oats yang dijamin bakal bikin perut kenyang dan kuat puasa seharian.

4. Dapat ajakan buka bersama dari berbagai circle pertemananmu? Coba lebih selektif menghadirinya

Coba tengok selepas minggu pertama Ramadhan, ajakan buka bersama hampir tak pernah absen menghiasi sore hari kalian. Mulai dari teman alumni SD sampai SMA, teman kuliah, bahkan geng yang setiap hari kalian temui pun pasti mengajak buka puasa bersama.

Sebaiknya, selektiflah dalam menerima ajakan tersebut. Tak perlulah untuk bersama-sama buka puasa di café fancy. Kalaupun kalian tak bisa menolaknya, coba usulkan untuk memasak menu berbukanya bersama-sama. Tentu hal itu bakal lebih seru dan membuat kebersamaan kalian makin erat, ya kan?

Nah, itu tadi beberapa tips and trik untuk menjaga stabilitas isi kantong tapi tetap bikin momen Ramadhan kalian penuh warna. Jangan lupa dicoba, ya!

 

Mungkin Kamu Juga Suka

Tidak Ada Komentar

    Tinggalkan Balasan