Lifestyle

[Shopping Hacks] Belanja Nyaman, Kantong Tetap Aman

Belanja, entah untuk kebutuhan dasar atau rekreasional, merupakan bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Sayangnya, belanja juga punya efek yang ngeri kalau nggak terkontrol!

Itulah mengapa, menjadi smart shopper itu penting. #BiasakanSekarang menjadi smart shopper membuatmu bisa belanja dengan terkontrol sehingga keuangan bulanan kamu nggak terganggu. Berikut tips belanja nyaman agar kantong tetap aman. Simak, yuk!

1. Berpikir Sebelum Belanja

Berpikir matang sebelum kamu membeli barang. Apa untung dan ruginya jika kamu menebus barang tersebut. Pikirkan masak-masak apa kegunaannya, seberapa sering kamu bakal memakainya.

Jika kamu nggak punya jawaban kuat atas pertanyaan tersebut, bisa jadi kamu cuma ingin memiliki, bukan karena benar-benar butuh. Nggak ada salahnya menunggu beberapa saat sebagai bentuk refleksi apakah barang tersebut memang benar layak kamu beli.

2. Bayar dengan Tunai

Mayoritas pemegang kartu kredit lebih suka belanja dengan credit card dari pada uang tunai. Cukup gesek dan masukkan PIN, dalam sekejap barang impian sudah bisa dimiliki.

Namun patut diingat jika semakin sering kamu gesek Kartu Kredit, maka semakin besar tagihan yang harus dibayar. Oleh karena itu, saat belanja #BiasakanSekarang untuk menggunakan uang tunai/Kartu Debit atau bijak menggunakan Kartu Kredit.

3. Cari Penawaran Terbaik

Barang-barang seperti bahan makanan dan pakaian biasanya mudah mengalami fluktuasi karena berbagai macam promo dan diskon. Untuk menghindari kantong bolong, penting sekali bagi kamu untuk mencari penawaran terbaik.

Rajin-rajinlah mengunjungi banyak toko atau merchant sebelum membeli sebuah barang. Bandingkan harga toko satu dan toko lain, hingga kamu nantinya bisa mendapatkan harga termurah.

4. Bawa Troli Kecil

Tips ini sangat bermanfaat ketika kamu berbelanja di supermarket. Sederhana saja, semakin kecil troli yang kamu bawa, semakin kecil kemungkinan kamu memasukkan barang-barang yang nggak perlu. Itu artinya, pengeluaran yang kamu buat juga nggak bakal bengkak.

5. Bikin Daftar Belanjaan

Bagi kamu yang susah fokus ketika belanja, nggak ada salahnya membuat daftar belanjaan sebelum datang ke supermarket atau toko grosir. Ambil barang sesuai daftar tersebut kemudian langsung bayar di kasir. Ini bisa menghindarkan kamu belanja kebutuhan yang nggak perlu.

6. Makan di Rumah

Salah satu pengeluaran terbesar ketika jalan-jalan adalah untuk makan. Oleh karena itu, disarankan kamu tidak pergi dengan perut kosong. Sebelum pergi ke mall atau pusat perbelanjaan, nggak ada salahnya mengisi perut dulu dengan makanan yang ada di rumah. Selain lebih murah, trik ini juga efektif menghemat pengeluaran.

7. Tawar-Menawar

Jangan malas untuk menawar, tentunya di tempat yang memungkinkan. Tanyakan pada pegawai atau pemilik toko apakah kamu bisa mendapatkan diskon khusus. Mungkin dengan membeli barang dalam jumlah tertentu, mereka akan memberikan potongan harga yang lumayan.

8. Gunakan Sosial Media

Belakangan ini makin banyak merchant yang punya akun media sosial resmi. Kamu wajib follow semua akun tersebut, karena sewaktu-waktu mereka akan mengumumkan diskon atau promo menarik yang bisa bikin belanjamu jauh lebih hemat.

Lebih Hemat Belanja Online dengan Cara Ini

Dengan kemajuan teknologi, belanja online kini jauh lebih diminati dari pada belanja offline. Padahal sesungguhnya belanja online ini jauh lebih mudah menguras kantong, lho. Karena kamu cukup gunakan smartphone sebagai alat transaksi. Eits, tapi belanja online juga bisa lebih aman dan hemat dengan cara ini, lho!

1. Riset

Pastikan dulu barang apa yang mau kamu beli. Dengan begini, kamu bakal fokus mencari apa yang kamu butuhkan. Cari barang yang kamu inginkan di berbagai situs e-commerce yang ada sebagai pembanding.

2. Cari harga paling murah

Biasanya ada banyak seller online yang menawarkan barang sejenis. Pastikan kamu memilih yang menawarkan harga termurah. Pertimbangkan juga lokasi seller, karena hal ini akan berpengaruh pada ongkos kirim yang harus kamu tanggung. Semakin dekat tentunya ongkirnya bakal semakin murah.

3. Pastikan ukuran

Salah satu kekecewaan terbesar ketika belanja online, terutama pakaian adalah menerima barang yang tidak sesuai ukuran. Oleh karena itu pastikan dengan seksama profil badan dan ukuran yang ada sebelum melakukan pemesanan.

4. Jangan mudah tergiur

Dengan semakin populernya belanja online, sejumlah marketplace sering mengadakan promo dengan diskon gila-gilaan. Namun patut diingat bahwa promo semacam ini biasanya diiringi syarat dan kondisi tertentu. Pastikan kamu pelajari semua syarat tersebut agar nantinya tidak dirugikan.

5. Pakai voucher atau kode khusus

Beberapa merchant atau marketplace biasanya mengeluarkan kode kupon khusus untuk memberikan diskon pada konsumen. Gunakan kode ini sebisa mungkin agar kamu mendapatkan penawaran terbaik.

Praktis dan Simpel, Pembayaran via Pay by QR Simobi

Bagi kamu yang hobi belanja-belanja, Bank Sinarmas punya fasilitas khusus agar kamu nggak perlu ribet bawa uang cash ke mana-mana. Fasilitas yang diberi nama Pay by QR Simobi ini memungkinkan kamu membayar barang atau jasa hanya dengan menggunakan smartphone.

Caranya juga mudah. Pastikan kamu sudah punya rekening Bank Sinarmas dan lakukan aktivasi Mobile Banking. Setelah itu, download aplikasi Simobi di Play Store atau App Store.

Buka aplikasi SimobiPlus dan cari menu ‘Pay by QR’. Bilang ke kasir bahwa kamu ingin membayar via SimobiPlus, nantinya kamu akan diberi kode QR khusus. Scan kode tersebut menggunakan aplikasi SimobiPlus, masukkan PIN, dan lakukan konfirmasi via kode OTP. Transaksi akan selesai saat itu juga dan dana langsung dipotong dari saldo rekeningmu. Praktis banget, kan?

Patut dicatat bahwa fitur Pay by QR ini hanya bisa digunakan di merchant atau toko tertentu yang sudah bekerja sama dengan Bank Sinarmas. Tapi kamu nggak perlu khawatir, karena merchant yang bekerja sama dengan Bank Sinarmas ini sudah tersedia di hampir seluruh pelosok Jakarta.

Asyiknya lagi, setiap transaksi dengan Pay by QR Simobi, kamu juga akan mendapatkan tambahan Simas Poin. Dengan minimal transaksi Rp50 ribu, untuk setiap transaksi kurang dari Rp100 ribu akan mendapat 100 poin. Sementara transaksi lebih dari Rp100 ribu akan diberi benefit 250 poin.

Kumpulkan terus poin tersebut karena nanti bisa kamu tukarkan dengan banyak hadiah menarik di laman simaspoin.excite.co.id. Kamu bisa redeem poin dengan isi ulang pulsa, voucher di beberapa merchant keren seperti KFC atau ACE Hardware, atau bahkan tukar dengan gadget keren seperti PlayStation 4 hingga iPhone X.

 

Mungkin Kamu Juga Suka

Tidak Ada Komentar

    Tinggalkan Balasan