Finansial

Mengenal Jenis Kartu Layanan Perbankan

Belanja dengan membawa uang tunai sepertinya sudah nggak zaman lagi belakangan ini. Demi alasan kepraktisan dan keamanan, membayar lewat transaksi digital kian jadi pilihan populer.

Jadi nggak heran kalau kebanyakan orang sekarang semakin hobi gesek saat shopping. Cukup serahkan kartu kredit atau debit ke kasir, barang yang diinginkan sudah bisa dibawa pulang. Praktis dan terkesan lebih keren, bukan?

Nah, biar bisa memanfaatkan setiap jenis kartu, khususnya kartu kredit dan kartu debit ada baiknya untuk mengetahui berbagai jenis dan varian kartu perbankan.

1. Kartu Kredit Ternyata Fungsinya Macam-macam


Jenis kartu kredit via usnews.com

Total ada lima jenis kartu kredit berdasarkan fungsinya. Kamu perlu pastikan jenis kartu mana yang kamu punya dan apakah itu sesuai dengan kebutuhan belanja kamu sehari-hari.

  • Credit Card

Pemegang Credit Card atau biasa disingkat CC, bisa menebus barang atau jasa dengan menggesek kartu ini di merchant yang menyediakan layanan tersebut.

Pelunasan barang atau jasa bisa dilakukan dengan membayar lunas tagihan di akhir bulan atau membayar dengan cara mencicil sejumlah minimal tertentu sesuai dengan kebijakan bank masing-masing.

  • Charge Card

Mirip seperti Credit Card, pemegang Charge Card bisa menggunakan kartu ini untuk transaksi barang maupun jasa. Tagihan juga akan dibebankan di akhir bulan, tetapi harus dibayarkan secara penuh. Tagihan tersebut bisa terkena biaya tambahan atau gratis tergantung dari bank masing-masing.

  • Debit Card

Debit Card pada dasarnya mirip dengan transaksi tunai biasa. Begitu digesek, saldo yang tersimpan di rekening kamu akan langsung otomatis terpotong sesuai dengan harga barang atau jasa yang kamu beli.

  • Cash Card

Sesuai namanya, kegunaan utama Cash Card adalah memungkinkan pemiliknya menarik uang secara tunai di gerai-gerai tertentu selain ATM. Nggak seperti tiga kartu sebelumnya, kartu jenis ini nggak bisa digunakan untuk transaksi jasa dan barang.

  • Check Guarantee Card

Kartu jenis ini mungkin masih cukup langka di Indonesia, dan lebih banyak digunakan di Eropa. Para pemilik Check Guarantee Card biasa menggunakannya sebagai jaminan untuk menarik cek dalam jumlah besar.

2. Nasional atau Internasional? Kartu Kredit Ternyata Ada Wilayah Berlakunya

Kartu kredit berdasarkan wilayah via gobankingrates.com

Selain dari segi fungsi, kartu kredit ternyata juga punya wilayah berlaku khusus. Cek dulu kartu yang kamu punya! Jangan sampai saat ‘gesek’ di Singapura atau Bangkok ternyata kartumu malah nggak berlaku!

  • Kartu Kredit Nasional

Seperti namanya, kartu kredit nasional ini cuma berlaku di satu negara khusus. Biasanya diterbitkan oleh sebuah perusahaan atas kerja sama dengan penyedia jasa kartu kredit tertentu.

Contoh kartu kredit nasional yang lumayan populer di Indonesia antara lain Astra Card dan Garuda Executive Card.

  • Kartu Kredit Internasional

Para pemegang kartu kredit internasional nggak perlu ribet membawa uang cash ketika traveling ke luar negeri. Sebab kartu yang dipegang bisa digunakan sebagai alat pembayaran dihampir seluruh negara-negara besar dunia. Kalau kamu perhatikan di setiap kartu memiliki logo yang ternyata dikeluarkan oleh beberapa perusahaan sesuai dengan fungsi dan wilayahnya.

Perusahaan yang menyelenggarakan sistem pembayaran kartu kredit berskala global pun nggak terlalu banyak. Beberapa di antaranya:

  1. Visa

Didirikan di California, Visa International Service Association kini sudah menjadi salah satu perusahaan kartu kredit yang cukup populer di wilayah Asia. Mereka menjalankan bisnisnya dengan sistem franchise dan menggandeng bank-bank setempat.

Visa mengeluarkan total lima jenis kartu kredit berdasarkan penghasilan nasabah mereka, mulai dari Classic, Gold, Platinum, Signature, hingga Infinite.

Kartu terendah ‘Classic’ bisa dimiliki mereka yang punya penghasilan sedikit di atas UMR dan tidak masuk daftar hitam Bank Indonesia. Sementara untuk kelas tertinggi, Infinite, hanya bisa dimiliki nasabah yang punya aset US$100 ribu tunai.

  1. MasterCard

Kartu kredit MasterCard lebih banyak populer di negara-negara Eropa dan Amerika Serikat. Namun transaksi juga bisa dilakukan di luar wilayah tersebut asalkan mereka mendapat lisensi dari MasterCard Worldwide.

Sama seperti Visa, jenis MasterCard pun juga bermacam-macam sesuai dengan daya beli konsumen. Ada Mastercard Classic, Gold, Platinum, dan World.

Jenis yang banyak beredar di masyarakat adalah MasterCard Classic, di mana pemegangnya hanya bisa melakukan kredit maksimal senilai Rp5 juta. Sementara untuk level tertinggi ‘World’ hanya bisa dipegang oleh seseorang minimal melakukan kredit Rp75 juta per tahun.

  1. Diners Club

Sama seperti Visa, perusahaan kartu kredit ini juga menjalankan bisnis mereka dengan sistem franchise.

  1. American Express

Kartu American Express pada dasarnya hanya berfungsi sebagai Charge Card, yang artinya nasabah wajib melunasi seluruh tagihannya di akhir bulan. Namun dalam kasus tertentu, ada nasabah khusus yang mendapat keistimewaan saat melakukan pembayaran kredit.

  1. Union Pay

Union Pay Internasional adalah anak perusahaan China Union Pay yang berfokus memudahkan pemegang kartu mereka untuk melakukan transaksi di luar negeri.

Berkat jaringan kerja sama dengan lebih dari 1700 perusahaan, kartu kredit Union Pay kini sudah diterima sebagai alat pembayaran di 162 negara di seluruh dunia.

Terdapat dua jenis kartu kredit Union Pay, yakni Platinum dan Diamond. Fasilitas ekstra akan diberikan pada pemegang jenis kartu kedua, meliputi layanan kesehatan, jasa konsultasi keuangan, asuransi, dan berbagai keuntungan menarik lainnya.

Nggak cuma kartu kredit, China UnionPay juga menerbitkan kartu ATM/Debit di lebih dari 65 lembaga di 30 negara dan dapat digunakan untuk bertransaksi belanja di jutaan merchant dan ATM di 141 negara.

Bank Sinarmas bekerja sama dengan China UnionPay menerbitkan kartu ATM/Debit UnionPay Bank Sinarmas, yang ditargetkan untuk nasabah yang sering travel ke Tiongkong untuk keperluan bisnis, liburan, atau belanja. Selain dapat digunakan untuk transaksi tarik tunai dan berbelanja di mesin berlogo China UnionPay di seluruh dunia, kartu debit ini juga telah terkoneksi dengan jaringan ATM lokal, seperti ALTO, ATM Bersama, dan Prima.

Ada dua jenis Kartu ATM/Debit UnionPay Bank Sinarmas, yaitu Kartu Debit CUP Gold dan Kartu Debit CUP Diamond. Asyiknya, setiap kartu dilengkapi dengan logo dan “travelmate” sehingga kamu bisa mengikuti berbagai program diskon serta promo bersama merchant. Sementara Kartu Debit CUP Diamond juga dilengkapi dengan kartu DragonPass yang dapat kamu nikmat di lebih dari 700 VVIP lounge di lebih dari 100 negara.

Itu dia jenis-jenis kartu kredit dan debit yang ada di sekitar kamu. Nah, setelah mengetahui fungsinya masing-masing semoga kamu lebih bijak menggunakannya sesuai dengan kebutuhan, ya.

Mungkin Kamu Juga Suka

Tidak Ada Komentar

    Tinggalkan Balasan