Finansial

Mau Mulai Bisnis Waktu Muda? Mulai #BiasakanSekarang untuk Lakukan Hal Ini!

Jadi entrepreneur di usia muda kini jadi dambaan setiap remaja. Rasanya nggak keren aja gitu kalau nggak punya usaha sendiri. Ditambah lagi membuka usaha zaman now jauh lebih mudah dan beragam jenisnya.

Sayangnya kata mudah itu juga tak semudah yang dibayangkan, karena banyak hal yang harus kamu persiapkan. Sebagai langkah awal, mulai sekarang biasakan lakukan hal ini sebelum terjun menjadi entrepreneur.

1. Mengubah Mindset

Mindset sangat berpengaruh terhadap pola pikir sesorang dalam dunia bisnis. Mindset yang harus kamu miliki sebagai entrepreneur  adalah harus punya skill, nggak cuma work hard tapi juga work smart.

2. Menabung, Menabung, dan Menabung

Jangan berpikir bahwa kamu bisa mendapat uang dari investor dengan mudah saat memulai bisnis. Yang harus kamu lakukan mulai sekarang adalah rajin menabung. Kebanyakan orang akan menghabiskan uangnya terlebih dulu kemudian baru menyimpan sisanya di akhir bulan.

Ini salah besar! Yang harus kamu lakukan mulai saat ini adalah menyisihkan 30% dari uang kamu setiap bulan untuk menabung, sisanya baru gunakan untuk kebutuhan bulanan. Kebiasaan ini akan membantu kamu dalam menghitung keuntungan dan kerugian saat berbisnis nanti.

Mulai deh #BiasakanSekarang memisahkan keuangan kamu. Pisahkan tabungan untuk keperluan sehari-hari, membayar tagihan, dan tabungan untuk memulai bisnis. Kamu bisa buka Tabungan Online Bank Sinarmas mulai dari Rp50 ribu. Dengan memisahkan tabungan,  kamu akan lebih disiplin dalam menabung dan belajar menentukan prioritas.

3. Belajar Cara Menjual

Sudah jadi rahasia umum kalau keterampilan penting dalam bisnis adalah penjualan. Kamu harus bisa berkomunikasi secara efektif pada siapa pun baik itu pelanggan, mitra, atau investor. Beberapa buku tentang penjualan yang bisa kamu pelajari adalah Secrets of Closing The Sale karangan Zig Ziglar dan Straight Line Persuasion milik Jordan Belfort.

4. Bekerja Pada Satu Mentor

Dalam buku karangan Robert Greene dijelaskan bahwa jalan mudah menjadi pengusaha adalah dengan memiliki mentor. Jika kamu benar-benar ingin menjadi pengusaha muda sangat penting untuk belajar dari orang yang terjun langsung di industri tersebut. Demi mendapatkan ilmunya, lakukan pekerjaan magang dengan suka rela tanpa gaji. Anggap saja pekerjaan yang kamu lakukan adalah proses belajar menjadi pengusaha.

5. Membangun Network

Dalam bisnis, networking adalah hal yang sangat berarti. Orang-orang yang berhubungan dengan kamu nantinya akan menghubungkan dengan orang-orang penting dalam bisnis, baik itu berupa mitra bisnis ataupun investor. Mulailah mengumpulkan profil LinkedIn, atau rajin-rajinlah menghadiri konferensi dan pertemuan startup.

6. Bekerja 80 Jam Seminggu Selama 24 Bulan

Itu berarti bekerja sekitar 12 jam sehari, 7 hari dalam seminggu. Etika kerja ini menentukan kesuksesan kamu sebagai pengusaha. Sekarang saatnya kamu mulai berlatih dengan kebiasaan ini dalam waktu 1 bulan, kemudian tambah lagi hingga 2 bulan, 3 bulan, dan seterusnya. Poin dari kebiasaan ini adalah agar kamu terbiasa untuk selalu bekerja dan membuat sesuatu.

7. Belajar Cepat dan Melakukan Riset

Kemampuan untuk belajar dan kemauan untuk belajar merupakan pembeda orang yang sukses dan tidak sukses. Bill Gates sendiri menghabiskan waktu khusus selama satu minggu setiap 6 bulan sekali hanya untuk membaca dan merefleksikan diri.

Sisihkan waktu khusus untuk membaca artikel atau buku. Pelajari apa yang sedang trend saat ini dan pahami cara pendekatannya serta proses-proses yang lebih efektif.

Nah, itu tadi kebiasaan yang harus kamu lakukan mulai sekarang jika ingin menjadi pengusaha. Sudah siap mencoba?

 

Mungkin Kamu Juga Suka

Tidak Ada Komentar

    Tinggalkan Balasan