Lifestyle

Kebiasaan yang Cuma Dilakukan Saat Ramadhan, Kamu yang Mana Nih?

Bulan Ramadhan tak lama lagi akan segera tiba. Umat Islam di seluruh dunia, termasuk Indonesia, bakal menyambut dengan sukacita karena Ramadhan adalah bulan penuh berkah. Dibalik penuh berkah, bulan Ramadhan juga biasanya diiringi dengan munculnya kebiasaan-kebiasaan unik.

Ya, menyambut bulan puasa masyarakat Indonesia punya sejumlah tradisi khusus untuk dipraktikkan. Hal ini tak cuma terjadi di daerah-daerah, namun juga kota besar. Apa saja kebiasaan unik yang dimaksud? Apa kebiasaan ini juga dilakukan sama kamu?.

 

1. Ziarah ke Makam Keluarga

Menurut berbagai catatan sejarah, ziarah ke makam keluarga menjelang bulan puasa adalah tradisi sejak zaman Wali Songo. Dikenal juga dengan istilah nyekar, tradisi ini masih terus bertahan dan dipraktikkan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.

Hal ini menunjukkan betapa tinggi jiwa sosial yang dimiliki masyarakat kita. Tidak hanya peduli pada mereka yang masih hidup, kita pun juga masih teringat dengan sanak keluarga yang sudah meninggal dunia.

2. Munggahan

Hari pertama puasa dianggap sebagai momen spesial oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Dari situlah kemudian muncul tradisi yang dinamakan munggahan.

Keluarga besar biasanya akan berkumpul bersama, bercengkrama sembari melakukan kegiatan bersih-bersih rumah. Tradisi ini akan ditutup berbuka bersama dengan menu spesial yang sudah disiapkan sebelumnya.

3. Patrol Sahur

Membangunkan orang untuk sahur adalah kegiatan berpahala. Hal ini yang kemudian memunculkan inisiatif mengadakan patrol alias berkeliling kampung dengan tujuan untuk mengingatkan warga sekitar agar bangun dan segera sahur.

Konon kebiasaan ini sudah ada sejak tahun 1970-an dan masih berlanjut sampai sekarang. Sayangnya, belakangan banyak yang kurang suka setuju dengan adanya patrol karena tak jarang ada pemuda yang mewarnainya dengan permainan petasan. Menurut pendapat kamu gimana?

4. Ngabuburit Menanti Buka Puasa

Ngabuburit alias kegiatan menanti waktu buka puasa adalah salah satu kebiasaan yang tak pernah lepas dari masyarakat Indonesia. Bahkan kadang dilakukan sembari berekreasi di pinggir pantai atau nongkrong di kafe bersama keluarga maupun teman.

Begitu adzan Magrib terdengar, suasana bakal semakin riuh ketika makan bersama. Rasanya ada kesenangan tersendiri jika bisa menikmati hidangan bersama sosok terdekat.

5. Makan Kolak

Kolak sebenarnya bisa ditemui hampir setiap saat. Kita pun bisa membuatnya sendiri karena prosesnya tidak terlalu sulit.

Tapi kamu setuju nggak sih kalau kebiasaan makan kolak lebih nikmat pas lagi bulan Ramadhan? Makanya hidangan ini jadi salah satu favorit warga Indonesia dalam membatalkan puasa. Mungkin karena rasanya yang manis dan menyegarkan, tak peduli dibuat dari bahan dasar ubi maupun pisang.

Nah, kalau kamu punya kebiasaan apa aja nih selama bulan Ramadhan?

 

Mungkin Kamu Juga Suka

Tidak Ada Komentar

    Tinggalkan Balasan