Finansial

Jangan Boros! #BiasakanSekarang Lakukan Hal Ini Saat Kamu Baru Gajian

Wajah berseri-seri, langkah terasa ringan, dan semua sudut serasa bersinar terang. Itulah yang dirasakan kebanyakan pegawai begitu mereka melewati payday alias hari gajian.

Tapi nggak jarang mereka jadi terlena dan tiba-tiba uang hasil kerja keras selama sebulan hilang begitu saja dalam hitungan hari. Penyebabnya banyak, mulai dari gaya hidup yang terlalu mewah dan juga kurang pandai dalam mengatur keuangan.

Kamu nggak pengin kan, punya pola hidup seperti itu terus-menerus? So, #BiasakanSekarang mengetahui beberapa hal yang wajib kamu lakukan saat gajian agar keuangan selalu stabil.

1. Tentukan Prioritas

Begitu menerima gaji, tentukan prioritas mana saja yang harus kamu penuhi. Umumnya dua faktor terpenting adalah tabungan dan membayar utang. Hidup tanpa tanggungan tentunya akan terasa lebih melegakan. Sementara menyisihkan sebagian penghasilan untuk ditabung juga bisa menjadi jaminan untuk kehidupan lebih baik di masa mendatang.

2. Disiplin Ketika Belanja

Hari gajian biasanya membuat orang lebih kalap ketika sedang berbelanja. Apa saja yang dilihat langsung masuk troli dan berakhir di kasir. Nggak peduli apakah barang tersebut benar-benar dibutuhkan, atau hanya sekadar ditebus untuk memenuhi keinginan.

Agar lebih disiplin ketika berbelanja, upayakan membuat daftar barang yang dibutuhkan sebelum datang ke pusat perbelanjaan atau supermarket. Dengan demikian, belanja menjadi lebih efektif dan hemat.

3. Kurangi Minum Kopi

Nongkrong di kafe sembari minum kopi dan ngobrol-ngobrol bersama teman kerja atau bahkan mengerjakan dokumen penting memang mengasyikkan. Apalagi belakangan semakin banyak gerai yang menawarkan fasilitas ekstra seperti koneksi Internet gratis dan colokan listrik.

Sayangnya biaya nongkrong dan minum kopi tersebut sama sekali nggak sedikit. Coba saja kamu kurangi kebiasaan ini, niscaya kamu bakal lebih kaya menjelang gajian berikutnya.

4. Lebih Menahan Diri

Seperti yang sudah disebutkan di awal, para pegawai biasanya jauh lebih ceria di hari gajian. Rasanya begitu senang karena melihat rekening tabungan lebih gemuk. Akibatnya, secara tidak langsung timbul perasaan bahwa barang apapun sanggup untuk dibeli.

Pola pemikiran seperti inilah yang sering membuat kondisi keuangan seseorang menjadi kolaps. Oleh karena itu, penting sekali menahan diri untuk tidak belanja. Tunggulah selama beberapa hari, biasanya keinginan untuk membeli akan hilang dengan sendirinya.

5. Tentukan Jatah

Menentukan jatah adalah salah satu cara paling efektif untuk menghemat uang. Contohnya, upayakan kamu bisa melewati satu minggu hanya dengan bermodal Rp500 ribu. Selain itu, sebisa mungkin jangan sering-sering pergi ke ATM untuk mengambil uang.

6. Jangan Belanja dengan Uang yang Tidak Ada

Berbelanja menggunakan kartu kredit pada dasarnya adalah berbelanja dengan uang yang tidak kita miliki. Akan tetapi jika kita menggunakan kartu kredit lebih bijak kita bisa menghindari sikap boros awal bulan.


Misalnya hanya menggunakan kartu kredit untuk kebutuhan yang sangat mendesak, contohnya untuk kepentingan pengobatan mendadak keluarga, atau hewan peliharaan. Selain itu hindari untuk menggunakan pembayaran secara mencicil untuk menghindari terjerat dari bunga.

7. Bersyukur

Banyak-banyak bersyukur. Ingatlah bahwa masih ada banyak orang yang rela melakukan apapun untuk berada di posisi kamu sekarang. Jangan terus-terusan iri hati dan melihat gaya hidup mereka yang ada di atas. Sesekali cobalah melirik ke bawah.

Dengan demikian, kamu akan jauh lebih bersyukur dengan situasi kamu sekarang. Akibatnya, tidak ada lagi perasaan untuk membeli barang maupun kebutuhan yang sebenarnya tidak terlalu mendesak.

 

Mungkin Kamu Juga Suka

Tidak Ada Komentar

    Tinggalkan Balasan