Finansial

Ini Alasan Mengapa Usia 20-an Harus Punya Kartu Kredit

Mendengar istilah kartu kredit, biasanya banyak orang bakal ngeri duluan. Di satu sisi, kartu kredit memang praktis sebagai alat transaksi. Namun di sisi lain, nggak jarang juga ada banyak orang yang dibikin sengsara karena momok tagihan kartu kredit yang nggak sanggup dilunasin.

Buat kamu yang masih berada di usia 20-an dan sedang dalam fase sebagai karyawan baru, memiliki kartu kredit akan memberikan banyak keuntungan. Apa saja sih keuntungannya?

1. Cashback

Nggak selamanya kartu kredit menyedot saldo rekeningmu. Untuk kamu yang disiplin dalam menggunakan kartu kredit akan mendapatkan cashback menarik. Untuk merangsang pemegang kartu kredit terus belanja, sejumlah bank biasanya menawarkan promo cashback. Tergantung pada berapa nilai belanja kamu sebulan, bank umumnya akan memberikan cashback antara 4-5 persen.

2. Reward Point

Setiap selesai melakukan transaksi dengan kartu kredit, kamu akan mendapatkan rewards berupa poin. Semakin tinggi nilai transaksinya, poin yang didapat juga semakin besar.

Poin ini bisa terus kamu kumpulkan dan nantinya bisa ditukarkan dengan beragam hadiah menarik, sesuai dengan kebijakan bank perilis kartu kredit. Umumnya reward yang ditawarkan antara lain gadget, paket liburan, fasilitas menginap di hotel secara gratis, hingga mobil atau rumah.

3. Diskon

Para pemegang kartu kredit biasanya akan mendapatkan diskon khusus di merchant yang telah bekerja sama dengan pihak penerbit kartu.

Nggak cuma untuk belanja, diskon kartu kredit biasanya juga berlaku untuk layanan lain, seperti pemesanan tiket pesawat atau kamar hotel. Cocok banget buat kamu yang punya hobi traveling.

4. Lebih Aman

Katakanlah kamu kehilangan dompet penuh dengan uang tunai. Kecil kemungkinan uang itu akan kembali. Lain lagi ceritanya kalau kartu kreditmu tiba-tiba hilang dan digunakan orang tak dikenal.

Para pemegang kartu kredit dilindungi oleh hukum perbankan, yang memastikan kamu nggak bakal dirugikan secara finansial. Pihak bank wajib mengembalikan dana atas pembelanjaan yang tidak kamu setujui, kecuali memang ada alasan kuat bagi mereka untuk tidak melakukan refund.

5. Ukur Kebiasaan Belanja

Setiap transaksi kartu kredit akan dicatat dengan seksama oleh sistem administrasi bank. Setiap bulannya, kamu bisa mengunduh statement atau daftar pengeluaran untuk kebutuhan arsip maupun analisis pengeluaran.

Dari situ akan terlihat jelas jumlah biaya yang kamu keluarkan. Bahkan belakangan sudah banyak software keuangan yang menyediakan fungsi impor statement kartu kredit. Dengan memanfaatkan fitur tersebut, kamu bisa tahu seperti apa kebiasaan belanjamu selama ini dan cara terbaik untuk melakukan penghematan.

6. Kebutuhan Darurat

Punya simpanan darurat di bank memang bagus. Tapi, untuk kebutuhan darurat dengan biaya besar, kartu kredit adalah opsi terbaik.

Misalkan, ada salah satu anggota keluargamu yang membutuhkan pertolongan segera di rumah sakit dan biaya perawatannya cukup besar. Kamu cukup gesek kartu kredit untuk menyelesaikan tagihan, tanpa perlu repot-repot menarik uang tunai di ATM atau mungkin pinjam uang ke kerabat dekat.

7. Belanja di Internet

Memegang kartu kredit juga bisa bikin kamu banyak berhemat lho. Pasalnya, belakangan ini banyak tawaran diskon menarik bertebaran di situs belanja online dan kebanyakan hanya menerima pembayaran via kartu kredit.

Bayangkan jika kamu bukan pemegang kartu kredit, kamu mungkin harus merogoh kocek lebih banyak untuk barang yang harusnya bisa kamu beli online. Belum lagi kamu masih harus mengeluarkan biaya transportasi untuk datang dan mengambil barang itu ke toko.

Tips Ampuh dalam Memilih Kartu Kredit

Nah, kalau kamu sudah yakin ingin mendaftarkan diri sebagai pemegang kartu kredit, sekarang waktunya memilih kartu kredit yang tepat sesuai kebutuhan.

Pasalnya, kartu kredit diterbitkan oleh bank dengan beragam jenis limit dan keuntungan khusus. Pastikan kamu memilih jenis kartu kredit yang sesuai dengan pemasukan, serta keuntungan yang kamu harapkan. Ini dia tips memilih kartu kredit yang tepat.

1. Bunga

Tagihan kartu kredit akan dikenakan tambahan sesuai dengan bunga yang ditetapkan bank masing-masing. Oleh karena itu, penting sekali memilih kartu kredit yang menawarkan bunga rendah.

Jika kamu menemukan bank yang menawarkan kartu kredit dengan bunga 0% plus jaringan luas di berbagai merchant, jangan ragu untuk langsung mendaftar.

2. Batas Kredit/Limit

Selalu ingat bahwa penting untuk bersikap bijak dalam berbelanja. Oleh karena itu, pilihlah kartu kredit yang limitnya di bawah pengeluaran bulananmu.

Camkan dalam pikiran bahwa kartu kredit bukan berarti pemasukan tambahan, justru berpotensi menambah utang. Tapi, kamu nggak perlu khawatir karena saat kamu disiplin membayar tagihan kartu kredit, pihak bank biasanya akan memberikan tambahan limit yang lebih besar.

3. Tujuan pemakaian

Pastikan dulu tujuan utama kamu mengajukan permohonan kartu kredit. Jika kamu ingin menggunakannya untuk shopping di mall, pilih kartu yang banyak menawarkan diskon di merchant yang ada di pusat perbelanjaan.

Lain lagi ceritanya jika kamu ingin menggunakannya untuk traveling. Akan lebih bijak jika memilih kartu kredit yang menawarkan diskon untuk tiket pesawat atau kamar hotel.

Dari penjelasan di atas, sudah nggak takut lagi kan soal kartu kredit? Nggak perlu nunggu gaji gede untuk punya kartu kredit karena sekarang ada Secure Credit Card Sinarmas yang bisa mewujudkan keinginan kamu memiliki kartu kredit dengan minimun gaji Rp3 juta dan bisa menentukan sendiri limitnya. Menarik bukan?

 

Mungkin Kamu Juga Suka

Tidak Ada Komentar

    Tinggalkan Balasan