Finansial

Gaji Pas-Pasan? #BiasakanSekarang untuk Tekan Budget Ini

Baru dapat kerja? Asyik dong. Apalagi kalau masih lajang, nggak perlu mikirin anak dan istri, gaji penuh bisa dinikmati untuk diri sendiri.

Eits, tapi hal tersebut rupanya nggak selalu berlaku bagi setiap orang. Kalau dilihat-lihat, sekarang ini banyak juga karyawan kantoran yang gajinya lumayan tapi nyatanya masih ngos-ngosan di tanggal tua. Biasanya salah satu penyebabnya karena kebiasaan boros.

Jika kamu termasuk salah satunya, yuk #BiasakanSekarang mulai ubah kebiasaan. Cermati pos-pos pengeluaran mana yang bisa kamu hemat setiap bulannya. Awalnya mungkin sulit, tapi jika dilakukan terus-menerus pasti sudah jadi kebiasaan yang menguntungkan. Supaya terasa lebih mudah, ini dia tips jitu untuk menekan budget bulanan kamu.

1. Hemat Biaya Transportasi

Biaya transportasi bisa membengkak tiap bulannya, terutama jika kamu nggak disiplin dalam menghemat penggunaan bensin. Tapi, ada cara ampuh untuk memangkas pos biaya satu ini, yakni nebeng.

Ya, kamu nggak salah baca. Nebeng alias numpang sangat efektif bagi kamu yang ingin datang ke tempat kuliah/kerja secara hemat. Cukup kumpulkan beberapa orang dengan tujuan dan rute yang sama tiap harinya, salah satu harus punya mobil. Nah, agar biayanya ringan, kalian bisa tuh patungan bensin sesuai jarak tempuh. Salah satu transportasi online juga sudah menerapkan fasilitas ini loh!

2. Pangkas Tagihan Listrik

Kamu bisa menekan tagihan listrik bulanan dengan mencoba menggunakan lampu CFL atau LED. Memang harganya relatif lebih mahal, tapi lampu jenis ini mengonsumsi listrik lebih rendah dibandingkan lampu biasa dan bisa menekan biaya listrik seminimal mungkin. Selain itu, lampu LED juga punya usia yang jauh lebih panjang dibanding lampu biasa.

Jangan lupa cabut jika ada charger atau kabel-kabel peralatan elektronik yang sedang tidak digunakan masih menancap. Meski tidak dinyalakan, kabel yang menancap seperti itu masih menyedot listrik meski dayanya tidak terlalu besar.

3. Kurangi Makan di Luar

Biaya bulanan bisa jauh berkurang jika kamu tidak sering makan di luar. Ini bisa disiasati dengan mencoba memasak sendiri.

Bagi kamu yang merasa kurang pede dengan kemampuan masakmu, bisa coba-coba dulu memasak untuk makan siang/malam, kemudian buat untuk porsi kecil saja. Ada banyak sekali video atau tutorial memasak di sosial media yang bisa kamu praktikkan.

4. Berhenti Merokok

Bagi kalian para perokok, coba deh mulai berhenti kurangi konsumsi rokok, atau lebih bagus lagi berhenti sama sekali. Secara nggak sadar, rokok bisa jadi salah satu pengeluaran terbesarmu tiap bulan loh!

Bayangkan saja, satu pak rokok  rata-rata dijual seharga Rp13.000-Rp20.000. Andai kamu berhenti menghabiskan satu pak rokok sehari, artinya kamu berpotensi hemat hingga maksimal Rp600.000 per bulan. Jumlah yang cukup fantastis bukan?

5. Pangkas Biaya Hiburan

Bersenang-senang selepas bekerja memang perlu, tapi jangan sampai berlebihan dan mengganggu kondisi finansial. Contohnya, menonton bioskop cukup satu atau dua kali sebulan. Toh film-film Box Office juga nggak selalu rilis tiap minggu.

Sebagai alternatif, kamu bisa manfaatin situs streaming film gratisan yang bertebaran di sosial media. Banyak juga aplikasi yang menyediakan fitur streaming gratis untuk drama atau film dari luar negeri seperti HOOQ, VIU, dan lain-lain.

Selain itu, bagi kamu yang sering merogoh kantong untuk biaya langganan streaming musik Spotify atau JOOX, bisa melirik alternatif layanan sejenis yang disediakan gratis. Soundcloud misalnya, meski kebanyakan isinya lagu-lagu versi cover, tapi suara artis-artis di sana nggak kalah kece kok dengan penyanyi komersial.

6. Jadi Smart Shopper

Shopping ternyata juga ada seninya lho. Terutama bagi kamu yang terobsesi mendapat penawaran terbaik. Usahakan belanja di momen-momen liburan atau hari besar, biasanya kebanyakan toko akan menawarkan diskon khusus.

Selain itu jangan sungkan tanyakan pada petugas toko kalau-kalau ada penawaran khusus. Biasanya pemegang kartu debit/kredit tertentu bisa mendapatkan diskon menarik. Promo semacam ini jarang disosialisasikan oleh pihak merchant.

Pengin hemat lagi? Jual barang-barang lama kamu untuk mendapatkan yang baru. Misalnya, jual tas-tas kamu yang kondisinya masih bagus dengan harga miring. Uang jual tas tadi bisa kamu gunakan untuk beli tas baru yang kamu mau.

7. Cermat Saat Belanja Bulanan  

Salah satu cara efektif untuk menghemat anggaran belanja kebutuhan bulanan adalah dengan membeli dalam kuantitas besar. Tapi, kamu tidak boleh lupa memperhitungkan waktu.

Jangan sampai membeli barang yang bakal kedaluwarsa dalam waktu singkat jika tidak ingin segera dikonsumsi. Misalnya susu, daging, atau sayuran.

So, dengan langkah di atas nggak bakal ada cerita bokek di akhir bulan kan?

Mungkin Kamu Juga Suka

Tidak Ada Komentar

    Tinggalkan Balasan