Finansial

Bijak Mengalokasikan THR Kamu, Biar Nggak Kalap!

Tunjangan Hari Raya alias THR adalah sesuatu yang dinanti-nantikan karyawan seluruh Indonesia. Tak sedikit yang menyebutnya dengan istilah gaji ke-13. Sesuai namanya, pemasukan ekstra ini harusnya dimanfaatkan untuk memenuhi beragam kebutuhan untuk Hari Raya.

Namun pada kenyataannya, tak sedikit yang kalap belanja dan kemudian hanya bisa meratap ketika THR-nya habis dalam sekejap. Nah, biar hal serupa nggak terjadi pada kamu tahun ini, yuk kita simak sama-sama tips ampuh mengalokasikan THR berikut ini.

 

1. Pilih PrioritasĀ 

Sebelum membelanjakan THR, perhatikan apa yang menjadi prioritas. Jika memang untuk kebutuhan Hari Raya, pilih mana yang ingin kamu penuhi dulu. Entah itu membeli baju baru, menebus tiket pesawat untuk mudik, atau yang lainnya.

Setelah bisa menentukan prioritas, berikutnya tentukan berapa banyak uang yang mau kamu habiskan untuk masing-masing pos. Berapa budget untuk membeli baju baru dan berapa pengeluaran maksimal kebutuhan mudik. Semuanya harus diperhitungkan dengan cermat.

2. Jangan Lupa Bayar ZakatĀ 

Begitu menerima THR, ingatlah bahwa dalam dana tersebut beberapa persennya merupakan hak kaum Duafa. Sebelum keburu kalap belanja, kamu harus ingat kewajiban membayar zakat dan memberikan sedekah.

Belakangan ini ada banyak bank mulai memberikan kemudahan bagi nasabahnya membayar zakat. Fitur ini bahkan bisa diakses via laman online. Tentunya jadi semakin tak ada alasan untuk lupa menunaikan kewajiban.

3. Bayar dengan Uang Tunai

Menjelang hari raya biasanya muncul banyak tawaran dan promo menggoda. Pastikan untuk membayar secara cash agar kamu tidak memiliki tanggungan yang harus dibayar pasca-Lebaran.

Membayar dengan cara non-tunai akan membuat kamu semakin kalap dalam belanja. Jangan sampai karena salah perhitungan, kamu jadi menumpuk utang. Bukannya punya dana tambahan dari THR, ujung-ujungnya tagihan justru semakin membengkak.

4. Tunggu Ada Sisa

THR juga bisa digunakan untuk liburan, namun hanya setelah kamu membeli semua kebutuhan dan menyelesaikan semua tagihan. Jika memang ada sisa, dana tersebut bebas dipakai untuk sedikit bersenang-senang atau bahkan jalan-jalan.

Nggak perlu berlebihan, sesuaikan dengan budget yang ada. Kunjungi saja objek wisata dekat rumah atau lokasi tempat tinggal kamu.

5. Bayar Tagihan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, THR juga harus dialokasikan untuk membayar tagihan. Periksa dulu apakah kamu punya tunggakan listrik, Internet, air, TV kabel, atau tagihan lainnya. Jika memang ada, segera lunasi. Jangan sampai usai kalap belanja dan meludeskan dana THR, kamu justru baru ingat punya kewajiban yang harus dilunasi.

Itulah tadi beberapa tips ampuh mengatur uang THR agar tak sampai ludes karena kalap belanja. Perhatikan baik-baik dan jangan sampai kamu salah langkah mengalokasikan gaji ke-13 tahun ini, ya!

 

Mungkin Kamu Juga Suka

Tidak Ada Komentar

    Tinggalkan Balasan